Semua

Tips-Tips Mengoptimalkan Instagram Ads Budget Yang Minim

Spread the love

Tidak hanya Facebook saja, Instagram juga merupakan salah satu dari media sosial yang mendapatkan kesuksesan luar biasa. Instagram berawal dari platform yang digunakan untuk berbagi foto, lalu Instagram semakin menambah beberapa fitur-fiturnya yakni seperti Instagram Stories dan juga direct messages. Pada Saat ini sudah banyak sekali pihak yang sudah memanfaatkan Instagram ini sebagai media untuk berbisnis atau berjualan.

Misalnya dengan Review produk yang dijualnya kemudian di-upload berupa gambar ataupun video yang dinilai lebih bisa untuk menarik pelanggan. Dengan pengguna Instagram yang tak sedikit ini dapat membuat media sosial yang satu ini dilirik para pelaku dari bisnis online sebagai sebuah media untuk penayang iklan.

Mengapa Beriklan di Instagram Ads ?

Apabila target audience Anda kebanyakan menggunakan Instagram, maka tentunya dengan beriklan di Instagram Ads ini adalah suatu kewajiban. Dimana Tugas Anda yakni sebagai pemilik sebuah bisnis yaitu untuk menjangkau banyak calon konsumen di tempat yang sering dikunjungi di dunia maya. Yaitu Instagram salah satunya.

Pengguna Instagram di Indonesia merupakan yang terbanyak nomor empat di dunia. Mulai November 2018, jumlah dari pengguna Instagram di Indonesia yakni mencapai 60 juta pengguna. Dimana Pengguna yang terbanyak berasal di usia 18 hingga 34 tahun dan pria yang mendominasi pengguna Instagram yaitu sebanyak 50.5 persen. Selain itu, Tech In Asia juga telah melaporkan 45 persen dari pengguna Instagram Indonesia mengaku sering membeli sebuah produk karena mereka sering melihat di Instagram. Maka sangat bermanfaat sekali Instagram ini untuk perkembangan sebuah bisnis. Apabila Anda mengetahui cara dalam menggunakan Instagram Ads ini.

Tips-tips Memasang Iklan Di Instagram Ads

Apabila Anda salah satu pengguna yang termasuk dan juga berkeinginan untuk memasang sebuah iklan pada platform Instagram, berikut ini tips-tips yang dapat Anda lakukan.

  1. Memaksimalkan Instagram Stories

Instagram Stories merupakan sebuah fitur dari Instagram yang dapat digunakan untuk menampilkan postingan berupa foto atau video dan hanya berlaku dalam 24 jam saja. Dan Setelah 24 jam tersebut berakhir, dimana postingan tersebut dapat terhapus secara otomatis. Apalagi Menariknya dari 52 persen pengguna di Instagram lebih tertarik dengan merek-merek yang sudah mereka lihat pada Instagram Stories.

Walaupun durasi di Instagram Stories ini relatif lebih pendek, akan tetapi fitur tersebut dapat menjadi salah satu sumber trafik Anda. Ditambah lagi pengguna Instagram cenderung lebih mudah untuk melihat Instagram Stories hal ini karena cara kerja dalam Instagram Stories ini yang otomatis dapat menampilkan stories Instagram secara beruntun. Selain itu iklan Anda juga dapat muncul di stories-stories tersebut.

  1. Visual merupakan Kunci

Instagram merupakan media sosial yang telah menitikberatkan pada kontennya secara visual. Hal ini karena konten utama pada Instagram merupakan foto dan video. Hal ini berbeda dengan media sosial yang lainnya yang memungkinkan untuk memposting berbagai tulisan saja. Pada Instagram mengharuskan Anda untuk mengunggah foto dan video di setiap postingan. Hal tersebut menuntut Anda untuk dapat menampilkan iklan dalam bentuk visual yang menarik.

  1. Membuat Iklan yang Natural

Membuat sebuah konten secara visual yang pastinya menarik. Hal lainnya yang paling penting yaitu Anda harus dapat membuat sebuah iklan tersebut secara natural untuk target audience Anda. Anda bisa Lakukan riset tentang target audience Anda, kemudian cari tahu konten apa yang biasa dilihat oleh mereka di Instagram dan juga konten apa yang lebih mereka sukai. Setelah Anda memahami minat serta kebiasaan dari target audience, maka Anda dapat secara mudah untuk membuat konten yang dibuat seolah-olah bukan merupakan iklan pada saat mereka sedang melihatnya.

  1. Biaya Iklan pada Instagram Ads

Sama seperti dengan Facebook Ads, untuk biaya beriklan pada Instagram Ads ini juga terjangkau yakni sekitar Rp 25.000 untuk dapat beriklan pada Instagram Ads dalam satu harinya.  Dimana semakin banyak dana Anda yang dialokasikan, maka semakin banyak juga jumlah orang yang bisa Anda jangkau. Selain itu, Anda juga dapat menganggarkan dana untuk iklan dalam kurun waktu yang tertentu. Misalnya yaitu Anda akan menganggarkan dana Rp 500.000 untuk dapat beriklan untuk satu minggu. Dan metode pembayarannya dapat menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

Menguasai cara untuk cara beriklan di Instagram ini sudah menjadi sebuah keharusan untuk sebagian besar pebisnis hal ini karena aktifnya dari pengguna dalam media sosial tersebut. Dengan Banyaknya influencer serta figur publik aktif dalam menggunakan Instagram maka menjadikan media sosial tersebut akan semakin ramai.

Sebagai seorang yang memiliki bisnis, maka Anda tentunya tak bisa mengabaikan begitu saja keramaian tersebut. Yaitu Terutama untuk para pemilik bisnis dimana konsumennya berasal dari berbagai kalangan umur antara 18 hingga 34 tahun, dengan demikian Instagram merupakan ladang untuk dapat mendulang keuntungan dengan menjadikannya tempat berjualan.

Memang pada inti dari postingan di dalam Instagram adalah gambar dan video. Akan tetapi, akan lebih baik apabila Anda menyertakan beberapa teks di setiap gambar yang Anda unggah. Akan tetapi ingat, bahwa jangan menyisipkan teks yang terlalu banyak. Cukup dengan tiga sampai enam kata yang dapat menggambarkan produk Anda tersebut. Dan Pastikan caption yang digunakan dapat mewakili apa yang Anda ingin sampaikan kepada target pelanggan Anda.